Apa sih manga itu?

Apa sih manga itu? Kok banyak remaja cewek maupun cowok pada ngomongin yang namanya Manga. Sebelum merujuk ke yang namanya Manga saya akan memberikan penjelasan tentang komik. Kalian pasti tau kan yang namanya komik, semua orang pasti tau komik. Komik adalah cerita yang dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi agar pembaca dapat mengerti dan mengetahui apa yang sedang terjadi di cerita. Terus emang apa hubungannya komik sama yang namanya Manga? ya tentu ada hubungannya lah! Manga itu adalah kata komik dalam bahasa jepang, Manga (漫画) bisa dibaca man-ga atau ma-ng-ga. Jadi kata-kata Manga digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Kalo ada gambar pasti ada yang menggambar kan, nah yang menggambar dan mengarang Manga ini namanya Mangaka (漫画家) bisa dibaca man-ga-ka atau ma-ng-ga-ka. Seperti halnya Manga, Mangaka adalah sebutan Jepangnya komikus (orang yang menggambar / mengarang komik) .

Di Jepang banyak majalah Manga yang didalamnya terdiri dari beberapa judul manga, setiap manga biasanya mengisi belasan sampai puluhan halaman di majalah itu (satu chapter/bab). Biasanya manga yang sudah sukses atau yang sedang populer bisa diangkat ke dalam bentuk ANIME (animasi), beberapa contoh manga populer yang sudah diangkat ke dalam bentuk anime adalah Naruto, Bleach, Dragon Ball, One Piece, Fairy Tail, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya kebentuk anime saja, beberapa yang sukses dan populer juga diangkat kedalam bentuk Live Action (versi manusia), contohnya Death Note, Detective Conan, Crows (Crows Zero), 20th Century Boys, dan lain-lain.

Beberapa cerita didalam novel/visual novel biasanya juga diangkat kedalam bentuk manga, contohnya Death Note, Sword Art Online (animenya sedang populer di musim ini), dan lain-lain. Setelah beberapa lama, chapter-chapter manga dari majalah manga itu akan dikumpulkan dan dicetak ke dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut Tankōbon (biasa disebut volume). Manga dalam bentuk tankōbon ini dibuat dengan kertas yang berkualitas tinggi dan berguna untuk orang-orang yang tidak membeli atau malaas membeli majalah-majalah manga yang biasa terbit setiap minggu. Manga bentuk tankōbon ini biasanya diterjemahkan ke dalam berbagai macam bahasa sesuai negara masing-masing.

Source : https://alfanankun.wordpress.com/2012/12/11/apa-sih-manga-itu/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s