Cafe Belai

  1. Latar Belakang

Pada zaman sekarang persaingan bisnis sudah semankin ketat. Banyak pebisnis yang gulung tikar karena tidak dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang sangat keras. Terutama bisnis cafe yang sekarang banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia khusunya masyarakat perkotaan..

Masyarakat perkotaan sering dihadapi oleh berbagai masalah yang sudah sering terjadi di kota besar, mulai dari masalah pribadi, pekerjaan, lalu lintas yang padat sampai ke masalah rumah tangga. Tidak jarang di dapati masyarakat perkotaan sering stres menghadapi hingar bingar masalah perkotaan. banyak di antara mereka pergi ke café atau restoran untuk sekedar melepas penat.

Cafe adalah tempat dimana kita dapat bersantai dan menikmati berbagai jenis minuman yang tersedia. Bisnis cafe itu sendiri sudah banyak diminati oleh masyarakat. Blue Café merupakan suatu café yang mempunyai perbedaan dengan café – café yang lain. Pada café ini menawarkan massage sebagai sesuatu yang menjadi perbedaan sekaligus kelebihan bagi café ini.

Restoran adalah suatu tempat yang identik dengan jajaran meja – meja yang tersusun rapi, dengan kehadiran orang, timbulnya aroma semerbak dari dapur dan pelayanan para pramusaji, berdentingnya bunyi – bunyian kecil karena persentuhan gelas – gelas kaca, porselin, menyebabkan suasana hidup di dalamnya. Ekskul Resto merupakan restoran yang menawarkan suasana tempat seperti masa – masa sekolah dengan menunjukan ciri khas melalui pelayan – pelayannya yang berpakaian seragam – seragam ekskul sekolah, seperti Pramuka, Paskibra, PMR, Dance, dan lainnya.

Namun pada jaman ini kami sadar jika sesuatu yang biasa itu akan kalah dalam persaingan bisnis. Maka dari itu kami menggabungkan tempat usaha kami, lebih tepatnya ide – ide usaha kami menjadi satu agar kami dapat bertahan dalam perasingan bisnis jaman sekarang.

Café Belai atau bias disingkat dengan CB, merupakan café yang dibangun melalui dua ide usaha, yaitu Blue Café dan Ekskul Resto. Café ini mengapa diberi nama Café Belai karena café ini menawarkan massage bagi para konsumen yang datang ke sini, jadi unsur Blue Café yang akan mendominasi kelebihan dari café ini. Ekskul Resto juga menyalurkan idenya dalam Café Belai ini melalui produk – produk makanan dan minumannya, serta akan ada beberapa ruangan yang akan di dekorasi dengan masa – masa ekskul di sekolah. Maka disini terbentuklah Café Belai yang dibuat melalu dua konsep ide Blue Café dan Ekskul Resto yang dijadikan satu.

  1. Manfaat Usaha

Manfaat usaha di bidang café dan resto banyak meraup keuntunngan yang besar. Keuntungan itu sendiri tidak hanya diperoleh olhe pemilik usaha namun juga lingkungan sekitar. Usaha ini dapat menjadi lahan kerja bagi mereka yang membutuhkan. ada dua manfaat dari usaha ini.

  • Manfaat Ekonomis
  • Meraih keuntungan yang besar.
  • Menawarkan service yang baik serta sepadan dengan harga.
  • Memberikan pendapatan yang layak kesetiap karyawan.
  • Manfaat Sosial 
  • Menciptakan lapangan kerja.
  • Membantu masyarakat menemukan tempat yang tepat untuk melepas penat.
  • Memudahkan masyarakat untuk bersantai dan berkumpul.
  1. Rumusan Masalah
  • Bagaimana mencari tempat yang strategis?
  • Bagaimana usaha ini dapat bersaing?
  • Apa keunggulan dari usaha “Café Belai” ini?
  1. Produk

Di usaha ini, kami menawarkan beberapa makanan dan minuman serta berbagai jasa massage.

  • Side Dishes and Snacks
  • Sandwich
  • Salad
  • Cookies
  • Cireng isi
  • Sosis bakar
  • Batagor
  • Siomay
  • Berbagai macam gorengan
  • Cimol dan kentang goreng
  • Agar – agar dengan bubuk susu
  • Main Dishes
  • Nasi Goreng Special
  • Nasi Goreng Sederhana
  • Mie Goreng Special
  • Mie Goreng Sederhana
  • Nasi Uduk Enyak Kantin
  • Bubur Ayam Bang joni
  • Nasi Goreng
  • Mie Goreng
  • Spagethi DPR
  • Fried chiken
  • Pizza Ekskul
  • Burger Kill
  • Omellete
  • Iga bakar Sekolah
  • Beverages
  • Ice tea
  • Ice Lemon Tea
  • Fruits Juice
  • Green Tea Juice
  • Es Campur
  • Es Kopyor
  • Milkshake
  • Black Coffe
  • White coffe
  • Mochachino
  • Fruit juice with soda
  • Massage
  • Massage tradisional
  • Pijat refleksi
  • Scrub massage
  1. Analisis SWOT

 Faktor Internal (Kekuatan dan Kelemahan)

 Kekuatan :

  • Menyuguhkan sensasi pijat massage di tempat yang nyaman
  • Pelanggan dapat menikmati berbagai makanan yang di tawarkan
  • Harga yang pas
  • Penyajian yang mengambil titik kelas menengah hingga atas dengan harga terjangkau serta kualitas produk yang berkualitas dan rasa makanan yang enak merupakan salah satu kekuatan dari usaha ini.
  • Kelengkapan menu-menu merupakan hal yang sangat kami utamakan.
  • Harga yang terjangkau  sehingga dapat dinikmati oleh  kalangan masyarakat.
  • Sensasi tema dari cafe yang nyaman dan flashback, dimana restoran bernuansa sekolah dengan meja dan bangku sekolah serta pelayannya yang menggunakan seragam Ekskul sekolah serta pelayanan massage yang akan diberikan disini.
  • Banyaknya menu makanan dan minuman yang tersedia membuat konsumen bebas memilih.

Kelemahan :

  • Kurangnya menu makanan dan minuman yang di sediakan
  • Jika tempat tidak strategis, pendapatan bisa menurun
  • Faktor lokasi sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Apabila lokasi tidak terletak di posisi yang strategis maka ada kemungkinan pengunjung tidak akan menemukan café ini.
  • Permintaan konsumen akan menurun jika tidak ada kreasi tambahan bersamaan dengan berjalannya waktu.
  • Faktor Eksternal (Kekuatan dan Kelemahan)

Kekuatan :

  • Menwarkan tempat cafe baru, dimana pelanggan bisa bersantai dan mendapatkan jasa pijat yang memuaskan.
  • Melihat masyarakat yang pasti pernah mengalami masa – masa sekolah menjadi dasar ide dari bisnis ini. Peluang usaha cafe dengan konsep Ekskul sekolah ini menjadi sangat besar. Karena kenangan mereka saat disekolah akan membuat mereka datang kesini serta kebutuhan mereka akan makanan yang enak, lezat dan sehat akan semakin bertambah dan permintaan pasar pun akan terus meningkat.
  • Disamping itu pelayanan massage yang pastinya akan disukai para konsumen akan menjadi daya tarik Café Belai.

Kelemahan :

  • Menurunnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi usaha ini. Masyarakat menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Di situlah naik turun dari bisnis ini.
  • Minat konsumen yang masih kurang dan sekarang konsumen menjadi lebih irit.
  1. Perencanaan Usaha

Jangka Pendek :

  • Dalam jangka pendek rencana kami akan memberikan sample-sample makanan yang kami sediakan sesuai dengan menu yang sudah terrancang. Mempromosikan makanan-makanan ini kepada teman teman dan kerabat terdekat.
  • kami akan mempromosikan Café Belai ke media yang tersedia.

Jangka Mengengah :

  • Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian dan cita-cita saya, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya. kami akan terus menekuni bidang ini. kami akan membuatnya semakin berkembang dan maju. kami akan terus mempromosikan  usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.

 Jangka Panjang :

  • Memngumpulkan modal dan membuka cabang usaha di daerah lain.
  • Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian dan cita-cita saya, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya. kami akan terus menekuni bidang ini. kami akan membuatnya semakin berkembang dan maju. kami akan terus mempromosikan  usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.
  1. Analisis Pasar dan Pemasaran 
  • Target Pasar

Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan dipikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan tersebut.

Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari Kota Depok. Mengapa Depok ? Karena kami melihat potensi ekonomi yang dimiliki kota Depok sangatlah besar dan akan membuahkan hasil yang cukup besar juga. Kota Depok merupakan kota yang sangat terkenal dengan kuliner uniknya.

Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu  pelayanan, kelengkapan produk dan kebersihan serta kenyamanan restoran yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, Café Belai mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.  Selain itu, yang menjadi target pasar kami yaitu para anak muda serta kalangan orang tua, para alumni sekolah yang pastinya akan tertarik dengan konsep restauran kami yang bernuansa sekolah ditambah dengan pelayan kami yang akan menggunakan seragam Ekskul serta pelayanan massage kami.

  • Pesaing

Pesaing dalam bidang Cafe + pijat massage bisa di bilang masih jarang. jadi kami harus benar – benar menyuguhkan suasana yang berbeda dari cafe yang lain.

  • Sasaran Pembeli

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup kalangan masyarakat, baik kalangan menengah dan kalangan atas. Dari kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk kalangan kalangan tersebut. Harga yang kami tawarkan untuk makanan-makanan yaitu mulai dari Rp. Rp 4.000,00- sampai dengan Rp 42.000,00-. Sedangkan untuk harga  minuman yaitu mulai dari Rp 4.000,00- sampai dengan Rp 18.000,00-.

  1. Strategi Pemasaran 
  • Dengan Media Internet

Strategi pemasaran kami adalah menggunakan media online. Seperti menggunakan Facebook, Twitter, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagrarm. Karena masyarakat zaman sekarang sudah banyak yang mengenal internet sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita. Jangkauan iklan pun menjadi lebih luas dan lebih banyak pengunjung. Kelak juga akan membuat blog Café Belai untuk memajukan usaha kami.

  • Dari Mulut ke Mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kampus kita atau keluarga dan saudara untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita.

  1. Strategi Promosi
  • Paket massage + minuman (pilih bebas) = Rp 85.000,-
  • Paket massage + makanan dan minuman (pilih bebas) = Rp 140.000,-
  1. Analisa Operasional
    • Modal

Sumber Modal

  • Modal Sendiri : Rp 400.000.000,-
  • Modal Investor : Rp 50.000.000,-
  • Lapak Ruko : Rp 300.000.000
  • Peralatan dapur : Rp 30.000.000
  • Meja + kursi 20 buah : Rp 15.000.000
  • Alat WIFI 2 buah : Rp 1.500.000
  • AC 7 buah : Rp 20.000.000
  • Seragam Ekskul : Rp. 25.000.000
  • Harga Produk
  • Side Dishes and Snacks
  • Cireng isi                                         : Rp. 6.000 ,-
  • Sosis bakar                                     : Rp 12.000 ,-
  • Sandwich                                        : Rp 10.000,-
  • Salad                                              : Rp 8.000,-
  • Cookies                                          : Rp 8.000,-
  • Batagor                                          : Rp 8.000 ,-
  • Siomay                                           : Rp 10.000 ,-
  • Berbagai macam gorengan           : Rp 5.000 ,-
  • Cimol dan kentang goreng            : Rp 7.000 ,-
  • Agar – agar dengan bubuk susu   : Rp 4.000 ,-

 

  • Main Dishes
  • Nasi Uduk Enyak Kantin              : Rp 9.000 ,-
  • Bubur Ayam Bang joni                 : Rp 8.000 ,-
  • Nasi Goreng                                 : Rp 12.000 ,-
  • Mie Goreng                                  : Rp 11.000 ,-
  • Spagethi DPR                              : Rp 24.000 ,-
  • Fried chiken                                 : Rp 14.000 ,-
  • Pizza Ekskul                                : Rp 42.000 ,-
  • Burger Kill                                   : Rp 20.000 .-
  • Omellete                                     : Rp 12.000 ,-
  • Iga bakar Sekolah                      : Rp 28.000 ,-
  • Beverages
  • Black Coffe                                 : Rp 10.000
  • White coffe                                 : Rp 10.000
  • Mochachino                                : Rp 12.000
  • Fruit juice with soda                   : Rp 9.000
  • Ice tea                                        : Rp 4.000 ,-
  • Ice Lemon Tea                           : Rp 6.000 ,-
  • Fruits Juice                                 : Rp 10.000 ,-
  • Green Tea Juice                         : Rp 12.000 ,-
  • Es Campur                                 : Rp 14.000 ,-
  • Es Kopyor                                  : Rp 13.000 ,-
  • Milkshake                                  : Rp 18.000 ,-
  • Analisis Marketing 
  • Penjualan

Penjualan dilakukan setiap hari dilakukan dari pagi pukul 11.00 hingga malam hari pukul 23.30 WIB.

  • Pembagian hasil kerja

Usaha Café Belai ini merupakan usaha yang dirintis oleh saya dan teman saya kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari investor menggunakan modal awal yang tersedia maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi dalam membantu usaha ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s