Ekskul Resto

  1. Latar Belakang

Pada era sekarang ini, persaingan di bisnis restoran semakin ketat. Selain rasa masakan, kualitas pelayanan juga menjadi hal yang krusial demi nama baik restoran tersebut. Berbagai macam jenis restauran sekarang sudah ada, baik dari yang berkreasi dalam konsep restauran maupun dari makanannya.

Saya yakini semua orang pasti pernah mengalami yang namanya masa – masa sekolah. Berangkat pagi untuk mengikuti pelajaran sampai siang hari datang. Disamping itu, ada hal yang pasti diingat oleh para mantan pelajar, yaitu Ekskul. Ekskul kepanjangan dari Ekstra Kulikuler. Suatu kegiatan tambahan dari sekolah yang merupakan tempat anak menyalurkan minat dan bakatnya.

Masa – masa sekolah merupakan kenangan yang tidak akan dilupakan oleh semua mantan pelajar, terutama kenangan mereka saat di Ekskul dulu. Kami disini akan membantu masyarakat Indonesia mengingat kembali masa – masa sekolah mereka terutama kenangan mereka dalam Ekskul dengan membuat restauran yang bernama “Ekskul Resto”.

Ekskul Resto merupakan restauran dengan konsep Ekstra Kulikuler yang pernah ada di sekolah, seperti Pramuka, Paskibra, PMR, Dance, dll. Pada restauran ini akan dibangun dengan konsep sekolah, menggunakan meja dan bangku sekolah, dan setiap pelayan yang ada di restauran ini akan menggunakan seragam – seragam Ekskul yang ada disekolah. Kami yakini setiap orang pasti memiliki kenangan mereka sebagai anggota Ekskul disekolah, maka kami berharap akan banyak pengunjung yang akan datang ke Ekskul Resto.

  1. Manfaat Usaha

Bisnis usaha di bidang kuliner menawarkan berbagai macam keuntungan besar bagi pemiliki usaha sekaligus masyarakat dan lingkungan sekitar. Resto ini dapat membantu masyarakat mengenang masa – masanya sebagai anggota Ekskul tanpa harus datang ke sekolah masing – masing. Disamping itu, konsep yang digunakan oleh resto kami adalah Ekskul, maka kami dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi anak yang baru lulus SMA.

  • Manfaat Ekonomis
  • Meraup keuntungan yang besar
  • Menawarkan produk sekolah dengan harga sepadan namun berkualitas
  • Memberikan upah yang layak bagi para karyawan
  • Manfaat Sosial
  • Menyediakan lapangan pekerjaan
  • Membantu masyarakat mengenang kembali masa – masa Ekskul saat disekolah
  • Memudahkan masyarakat mendapatkan kembali jajanan – jananan yang biasa didapatkan di sekolah.
  • Menyediakan alternatif untuk masyarakat dalam mengenang masa – masa mereka disekolah.
  1. Rumusan Masalah

1. Bagaimana cara mendapatkan tempat yang strategis ?

2. Bagaimana cara megantisipisi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini?

3. Apa yang menjadi keunggulan – keunggulan Ekskul Resto dengan restauran lain.

 

  1. Produk

Produk yang kami tawarkan disini adalah berbagai jenis makanan yang dulu bisa di dapatkan di sekolah. Kami juga menyediakan menu lain yang berasal dari western. Restoran kami meyediakan menu dan makanan yang ada di sekolah dengan harga terjangkau namun dengan rasa dan bahan yang berkualitas.

  • Side dishes and Snacks
  • Cireng isi
  • Sosis bakar
  • Batagor
  • Siomay
  • Berbagai macam gorengan
  • Cimol dan kentang goreng
  • Agar – agar dengan bubuk susu
  • Main Dishes
  • Nasi Uduk Enyak Kantin
  • Bubur Ayam Bang joni
  • Nasi Goreng
  • Mie Goreng
  • Spagethi DPR
  • Fried chiken
  • Pizza Ekskul
  • Burger Kill
  • Omellete
  • Iga bakar Sekolah
  • Drinks
  • Ice tea
  • Ice Lemon Tea
  • Fruits Juice
  • Green Tea Juice
  • Es Campur
  • Es Kopyor
  • Milkshake
  1. Analisis SWOT
  • Faktor Internal (Kekuatan dan Kelemahan)
  • Kekuatan
  • Penyajian yang mengambil titik kelas menengah hingga atas dengan harga terjangkau serta kualitas produk yang berkualitas dan rasa makanan yang enak merupakan salah satu kekuatan dari usaha ini.
  • Kelengkapan menu-menu merupakan hal yang sangat kami utamakan.
  • Harga yang  terjangkau  sehingga dapat dinikmati oleh  kalangan masyarakat.
  • Sensasi tema dari restoran yang nyaman dan flashback, dimana restoran bernuansa sekolah dengan meja dan bangku sekolah serta pelayannya yang menggunakan seragam Ekskul sekolah.
  • Banyaknya menu makanan dan minuman yang tersedia membuat konsumen bebas memilih.
  • Kelemahan
  • Faktor lokasi sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Apabila lokasi tidak terletak di posisi yang strategis maka ada kemungkinan pengunjung akan tiba menemukan restorannya.
  • Permintaan konsumen akan menurun jika tidak ada kreasi tambahan bersamaan dengan berjalannya waktu.
  1. Faktor Eksternal (Kekuatan dan Kelemahan)
  • Kekuatan
  • Melihat masyarakat yang pasti pernah mengalami masa – masa sekolah menjadi dasar ide dari bisnis ini.  Peluang usaha restoran dengan konsep Ekskul sekolah ini menjadi sangat besar. Karena kenangan mereka saat disekolah akan membuat mereka datang kesini serta kebutuhan mereka akan makanan yang enak, lezat dan sehat akan semakin bertambah dan permintaan pasar pun akan terus meningkat.
  • Kelemahan
  • Menurunnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi usaha ini. Masyarakat menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Di situlah naik turun dari bisnis ini.

 

  1. Perencanaan Usaha

6.1 Dalam Jangka Pendek

Dalam jangka pendek rencana kami akan memberikan sample-sample makanan yang kami sediakan sesuai dengan menu yang sudah terrancang. Mempromosikan makanan-makanan ini kepada teman teman dan kerabat terdekat.

6.2 Dalam Jangka Mengengah

Usaha yang kami rintis ini pastinya akan  kami kembangkan demi mewujudkan impian dan cita-cita saya, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya. kami akan terus menekuni bidang ini. kami akan membuatnya semakin berkembang dan maju. kami akan terus mempromosikan  usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.

6.3 Dalam Jangka Panjang

Dalam jangka panjang kami akan menabung dan meminjam uang ke Bank untuk menjadi modal utama dan mencari lahan. kami akan membuka sebuah restoran yang besar bernuansa Ekskul sekolah dimana para pelanggan dapat berkumpul dengan nyaman bersama dengan orang-orang tercintanya serta mengenang masa sekolah sambil menikmati makanan dan minuman yang lezat dan sehat.

  1. Analisis Pasar dan Pemasaran

7.1 Target Pasar

Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan dipikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan tersebut.

Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari Kota Depok. Mengapa Depok ? Karena kami melihat potensi ekonomi yang dimiliki kota Depok sangatlah besar dan akan membuahkan hasil yang cukup besar juga. Kota Depok merupakan kota yang sangat terkenal dengan kuliner uniknya.

Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu  pelayanan, kelengkapan produk dan kebersihan serta kenyamanan restoran yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, Ekskul Resto mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.  Selain itu, yang menjadi target pasar kami yaitu para anak muda serta kalangan orang tua, para alumni sekolah yang pastinya akan tertarik dengan konsep restauran kami yang bernuansa sekolah ditambah dengan pelayan kami yang akan menggunakan seragam Ekskul.

7.2 Pesaing

Pesaing kami adalah restoran-restoran unik  lainnya. Jadi kami harus menyuguhkan suasana di resto benar-benar terasa perbedaannya. Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi disinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kami tanpa membuat pesaing kami merasa tidak senang dengan tindakan kami. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

7.3 Sasaran Pembeli

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup kalangan masyarakat, baik kalangan menengah dan kalangan atas. Dari kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk kalangan kalangan tersebut. Harga yang kami tawarkan untuk makanan-makanan yaitu mulai dari Rp. Rp 4.000,00- sampai dengan Rp 42.000,00-. Sedangkan untuk harga  minuman yaitu mulai dari Rp 4.000,00- sampai dengan Rp 18.000,00-.

8.Strategi Pemasaran

8.1  Dengan media Internet

Strategi pemasaran kami adalah menggunakan media online. Seperti menggunakan Facebook, Twitter, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagrarm. Karena masyarakat zaman sekarang sudah banyak yang mengenal internet sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita. Jangkauan iklan pun menjadi lebih luas dan lebih banyak pengunjung. Kelak juga akan membuat blog Ekskul Resto untuk memajukan usaha kami.

8.2 Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kampus kita atau keluarga dan saudara untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita.

  1. Strategi Promosi

Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk sekaligus menu kafe  yang ditawarkan, kami mempunyai cara-cara tertentu, yaitu kami akan menawarkan sebuah Paket hemat yang berbeda selama weekdays.

  1. Senin  : Ice Lemon Tea + Sosis Bakar = Rp 15.000 ,-
  2. Selasa : Milkshake + Pizza Ekskul = Rp 35.000. ,-
  3. Rabu   : Fruits Juice + Burger Kill = Rp 30.000 ,-
  4. Kamis : Green Tea Juice + Nasi Uduk Enyak Kantin = Rp 18.000 ,-
  5. Jumat :  Es Campur + Bubur Ayam Bang Joni = Rp. 17.000 ,-
  1. Analisa Operasional

10.1 Modal

Sumber modal

Modal sendiri : Rp 400.000.000

Modal dari investor : Rp 50.000.000

Lapak Ruko : Rp 300.000.000

Peralatan dapur : Rp 30.000.000

Meja + kursi 20 buah : Rp 15.000.000

Alat WIFI 2 buah : Rp 1.500.000

AC 7 buah : Rp 20.000.000

Seragam Ekskul : Rp. 25.000.000
10.2 Harga Produk

Side dishes and snacks:

  • Cireng isi : Rp. 6.000 ,-
  • Sosis bakar : Rp 12.000 ,-
  • Batagor : Rp 8.000 ,-
  • Siomay : Rp 10.000 ,-
  • Berbagai macam gorengan : Rp 5.000 ,-
  • Cimol dan kentang goreng : Rp 7.000 ,-
  • Agar – agar dengan bubuk susu : Rp 4.000 ,-

Main dishes:

  • Nasi Uduk Enyak Kantin : Rp 9.000 ,-
  • Bubur Ayam Bang joni : Rp 8.000 ,-
  • Nasi Goreng : Rp 12.000 ,-
  • Mie Goreng : Rp 11.000 ,-
  • Spagethi DPR : Rp 24.000 ,-
  • Fried chiken : Rp 14.000 ,-
  • Pizza Ekskul : Rp 42.000 ,-
  • Burger Kill : Rp 20.000 .-
  • Omellete : Rp 12.000 ,-
  • Iga bakar Sekolah : Rp 28.000 ,-

Drinks:

  • Ice tea : Rp 4.000 ,-
  • Ice Lemon Tea : Rp 6.000 ,-
  • Fruits Juice : Rp 10.000 ,-
  • Green Tea Juice : Rp 12.000 ,-
  • Es Campur : Rp 14.000 ,-
  • Es Kopyor : Rp 13.000 ,-
  • Milkshake : Rp 18.000 ,-

10.3 Analisis Marketing

Penjualan

Penjualan dilakukan setiap hari dilakukan dari pagi pukul 11.00 hingga malam hari pukul 23.30 WIB.

Pembagian hasil kerja

Usaha restoran Ekskul Resto ini merupakan usaha yang dirintis oleh saya dan adik saya kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari investor menggunakan modal awal yang tersedia maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi dalam membantu usaha ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s