Komunikasi Bisnis

Komunikasi

Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu Communicatio yang artinya berpatisipasi dan memberitahukan, Communicatus yang artinya berbagi dan milik bersama, dan Communis yang artinya milik bersama dan berlaku dimana – mana. Sedangkan menurut beberapa para ahli, komunikasi mempunyai pengertian yang berbeda – beda.

  1. Menurut Shannon dan Weaver, komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
  2. Menurut Raymond S. Ross, komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol – simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
  3. Menurut Alo Liliweri, komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  4. Menurut Judy C. Pearson dan Paul Emelson, komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
  5. Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.

Diatas merupakan beberapa pendapat ahli tentang komunikasi. Kesimpulannya menurut saya, komunikasi merupakan suatu cara manusia dan bahkan mahluk hidup untuk menyampaikan pesan dari mulut atau kata yang merupakan verbal atau dari ekspresi muka, tubuh atau apapun yang merupakan non verbal yang perkembangannya sampai sekarang komunikasi bisa dilakukan meski kita berada di berbeda tempat, negara bahkan pulau dan benua.

 

Bisnis

Bisnis berasal dari kata bahasa inggris yang disebut business, dengan kata kasar mempunyai arti sibuk. Dalam arti tersebut bisa diartikan sebagai sedang sibuk untuk mengerjakan pekerjaan dan kegiatan yang bisa mendatangkan keuntungan dalam ruang lingkup komunitas, masyarakat, atau individu. Sedangkan dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:

1.Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan

sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi

2.Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator

dan komunikan.

3.Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam

tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.

4.Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka,

menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara

bersamaan.
5.Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti

atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.

6.Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau

lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh

manajemen.

Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara personal maupun professional paling tidak kita harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi, yaitu :

  1. menulis,
  2. membaca,
  3. berbicara
  4. mendengar.

Disadari ataupun tidak, setiap hari kita melakukan, paling tidak, satu dari keempat hal tersebut diatas dengan lingkungan kita. Seperti juga pernafasan, komunikasi sering dianggap sebagai suatu kejadian otomatis dan terjadi begitu saja, sehingga seringkali kita tidak memiliki kesadaran untuk melakukannya secara efektif.

Aktivitas komunikasi adalah aktivitas rutin serta otomatis dilakukan, sehingga kita tidak pernah mempelajarinya secara khusus, seperti bagaimana menulis ataupun membaca secara cepat dan efektif ataupun berbicara secara efektif serta menjadi pendengar yang baik.

Analisis

PT HM Sampoerna Tbk. / PT Hanjaya Mandala Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini sebelumnya merupakan perusahaan yang dimiliki keluarga Sampoerna, namun sejak Mei 2005 kepemilikan mayoritasnya berpindah tangan ke Philip Morris International, perusahaan rokok terbesar di dunia dari Amerika Serikat, mengakhiri tradisi keluarga yang melebihi 90 tahun.

Beberapa merek rokok terkenal dari Sampoerna adalah Dji Sam Soe dan A Mild. Dji Sam Soe adalah merek lama yang telah bertahan sejak masa awal perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan ini juga terkenal karena iklannya yang kreatif di media massa.

Pada tahun 1913, Liem Seeng Tee dan istrinya Siem Tjiang Nio, imigran Tionghoa dari Fujian, Tiongkok memulai kegiatan produksi rokok secara komersial sebagai industri rumah tangga. Pada tahun 1930, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama NVBM Handel Maatschapij Sampoerna.

Perusahaan ini meraih kesuksessan dengan merek Dji Sam Soe pada tahun 1930-an hingga kedatangan Jepang pada tahun 1942 yang memporak-porandakan bisnis tersebut. Setelah masa tersebut, putra Liem, Aga Sampoerna mengambil alih kepemimpinan dan membangkitkan kembali perusahaan tersebut dengan manajemen yang lebih modern. Nama perusahaan juga berubah seperti namanya yang sekarang ini. Selain itu, melihat kepopuleran rokok cengkeh di Indonesia, dia memutuskan untuk hanya memproduksi rokok kretek saja. PT HM Sampoerna Tbk. resmi didirikan pada tahun 1963.

Generasi berikutnya, Putera Sampoerna adalah generasi yang membawa HM Sampoerna melangkah lebih jauh dengan terobosan-terobosan yang dilakukannya, seperti perkenalan rokok bernikotin rendah, A Mild dan perluasan bisnis melalui kepemilikan di perusahaan supermarket Alfa, dan untuk suatu saat, dalam bidang perbankan. Pada tahun 2000, putra Putera, Michael, masuk ke jajaran direksi dan menjabat sebagai CEO. Pada Mei 2005, perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Philip Morris International.

Iklan salah satu produk PT. Sampoerna, U Mild, adalah iklan yang merupakan sebuah rangkaian kata “Senang itu pas lagi ngantor Karena ngantor ngga harus di depan monitor Ngantor asikan cuma berkolor Lebih spesial lagi kalau pake telor Ngantor ngga harus indoor
Ini baru ngantor Ini baru cowok U Mild”. Dalam iklan rokok biasanya slogan yang mereka punya mengarah kepada rokok mereka atau mengajak masyarakat untuk membeli rokok tersebut. Tetapi dalam iklan U Mild, rangkaian kata mereka justu tidak mengarah ke produk mereka, tapi menggambarkan kondisi bumi saat ini yang segalanya bisa dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Berkantor tidak melulu berarti berpakaian rapi apalagi pakai dasi dan berkumpul secara fisik di sebuah ruangan atau gedung.

Berkantor bisa dilakukan di mana saja. Pekerjaan di Jakarta dapat dilakukan di Pulau Alor, bahkan hanya mengenakan kolor. Itulah zaman kita yang bisa kita lihat saat ini. Bumi tidak lagi besar. Ruang dan waktu bukan lagi hambatan. Dunia tidak lagi bulat, tapi datar, kata Thomas L. Friedman dalam bukunya “The World is Flat”. Datar yang dimaksud Friedman adalah dunia ini tak lagi memiliki tapal batas. Segala hal di dunia ini bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Referensi

http://www.komunikasipraktis.com/2014/10/daftar-definisi-komunikasi-menurut-para-ahli.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

http://www.pengertianbisnis.com/pengertian-bisnis-menurut-ahli-dan-jenis-jenis-bisnis/

http://forzainterkomunikasi.blogspot.com/2012/10/pengertian-komunikasi-bisnis.html\

http://id.wikipedia.org/wiki/HM_Sampoerna

http://poli-andri.blogspot.com/2014/11/uniknta-cowok-u-mild.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s