Pengawet Lilin Pada Buah

News Investigasi

APELILIN2-dalam

Buah – buahan merupakan makanan yang di dalamnya memiliki banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Di samping itu, buah dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Memakannya rutin setiap hari akan membuat kita mempunyai tubuh yang sehat karena buah merupakan makana yang 4 sehat 5 sempurna. Jadi pada dasarnya buah merupakan sesuatu yang sehat. Tetapi hal itu menjadi berubah jika manusia sudah mengeluarkan tangan nakalnya.

Mungkin sekarang orang – orang sudah mengetahui bahwa ada lapisan lilin yang terkandung pada kulit buah – buahan. Hal itu dilakukan agar membuat buah menjadi tetap segar, licin, dan bagus.

Pada dasarnya buah mengeluarkan lapisan lilin atau wax untuk melapisi permukaan kulitnya secara alami. Lilin atau wax pada buah ini bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesegaran dari buah itu sendiri. Tetapi lilin itu akan hilang pada saat buah dipanen dan dicuci oleh petani. Maka dari itu untuk melindungi buah dari kesegarannya, para pengusaha biasanya melapisi kembali buah tersebut dengan wax atau lilin buatan.

Wax atau lilin buatan terbuat dari wax jenis food grade (khusus untuk makanan), terbuat dari madu atau yang terbuat dari tanaman. Wax bersifat “Indegistible” maka wax tidak akan dapat hancur oleh enzim pencernaan dan tidak dapat diserap oleh tubuh tapi aman apabila termakan oleh manusia. Hal itu sudah dibenarkan dengan penelitian yang dilakukan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika. Jadi pada dasarnya wax atau lilin yang digunakan itu tidak berbahaya bagi tubuh kita maupun juga tidak merusak buah.

Tetapi karena pembuatan wax atau lilin sehat itu terbilang mahal, hal itu menyebabkan tangan jahil penjual muncul. Untuk menghindari pengeluaran biaya yang berlebihan, penjual atau pengusaha buah melapisi buah dengan lilin yang tidak sehat untuk makanan. Lilin tersebut adalah lilin yang biasa digunakan untuk penerangan cahaya. Tentu saja lilin tersebut tidak diperbolehkan untuk digunakan pada buah.

Untuk menghindari hal tersebut, saya mempunyai tips dari detik.com dan dari diri saya sendiri bagi anda yang ingin tetap mengkonsumsi buah secara aman.

Detik.com

  1. Cuci buah terlebih dahulu sebelum dihidangkan tapi jangan cuci jika akan disimpan karena akan cepat rusak.
  2. Karena wax adalah lemak, maka cucilah menggunakan air hangat agar wax dapat cepat larut dalam air atau gunakan cairan khusus untuk mencuci sayur dan buah.
  3. Jika Anda masih ragu, sebaiknya konsumsi buah yang sudah dikupas karena wax tidak akan dapat menembus hingga ke daging buah.

Tips dari saya.

  1. Cucilah buah dengan air yang mengalir, hal itu sangat bagus dilakukan jika anda sedang mencuci buah.
  2. Rendamlah buah dalam air garam.
  3. Cucilah buah dengan sabun cuci khusus buah seperti Mama Lemon.

Tips di atas dapat digunakan bagi para pembaca agar tetap mengkonsumsi buah secara sehat. Tetap perhatikan keamanan dalam mengkonsumsi sesuatu. Untuk mengecek buah yang terdapat kandungan lilinnya, cukup dengan mengkerok buah dengan pisau. Jangan hanya tangan jahil manusia, membuat kita menjadi takut untuk mengkonsumsi buah. Masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengkonsumsi buah secara sehat.

Referensi : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s