Kota Tua Menjadi Open Public Space

Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia yang mempunyai banyak hal menarik di dalamnya. Salah satunya adalah tempat wisata. Jakarta mempunyai banyak tempat wisata yang beragam, semuanya bisa kita temui di Jakarta, dari tempat wisata hewan, wahana permainan, bahari, sejarah dan masih banyak lagi. Tetapi, dari semua hal tersebut, Jakarta mempunyai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kota Tua Jakarta.

.DSCN6512

Tempat wisata yang satu ini terbilang menyimpan banyak sejarah karena disini mempunyai banyak museum yang salah satunya menyimpan banyak sejarah tentang Jakarta. Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Kota Tua sekarang berubah jadi semakin bersih, semakin tertata, dan semakin nyaman. Pedagang yang sebelumnya semrawut sekarang sudah tertata, ditempatkan di beberapa tempat. Sampah sudah tidak sebanyak dulu dan penyediaan tempat sampah di banyak titik semakin memudahkan orang untuk membuang sampah pada tempatnya. Taman Fatahilah yang tadinya semrawut karena pedagang, sekarang jadi jauh lebih bersih dan terbuka, sehingga naik sepeda pun jadi asik dan sangat nyaman. Banyak bangunan yang terlihat telah dipugar dan beberapa masih dalam proses pemugaran. Pada intinya Kota tua sekarang menjadi lebih nyaman untuk menikmati setiap jengkal kawasan Kota Tua.

22012011(008)

Rasanya sekarang Kota Tua layak disebut sebagai Open Public Space. Selain jadi ruang terbuka bebas tempat berkumpul warga dan wisatawan, Kota Tua sekarang semakin kreatif karena banyak patung manusia. Ini memberikan kesan seperti kita sedang berada di eropa. Patung manusia ini pun jadi daya tarik baru bagi pengunjung Kota Tua. Tak ayal banyak yang foto bareng patung manusia, bahkan ada patung manusia yang memberi arahan pose dan action yang unik. Pesan saya jangan lupa menghargai mereka dengan memberi uang seikhlasnya di kotak yang sudah disediakan.

Wisata-Kota-Tua-040114-Firmansyah-3

1411172-nut--mengais-rejeki-di-kota-tua--780x390

Semoga saat Kota Tua semakin tua, tidak terlupakan dan ditinggalkan begitu saja, tapi justru semakin dirawat dan dilestarikan. Semua itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab bagi setiap warga maupun pengunjung Kota Tua, untuk menjaga keasrihan dan kebersihan Kota Tua. Kota Tua adalah warisan kita bersama, mari kita jaga warisan ini untuk anak cucu kita kelak. Hargai peninggalan sejarah dengan senantiasa menjaga, merawat, dan melestarikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s