News – Berita

Terdapat beberapa pengertian mengenai berita, diantaranya adalah dari Dean M. Lyle Spencer dalam bukunya yang berjudul News Writtings yang kemudian dikutip oleh George Fox Mott ( New Survey Journalism ) menyatakan bahwa berita dapat didefinisikan sebagai setiap fakta yang akurat atau suatu ide yang dapat menarik perhatian bagi sejumlah besar pembaca.

Dari pengertian di atas, ada empat unsur yang harus dipenuhi oleh sebuah peristiwa, sehingga layak menjadi sebuah berita. Unsur-unsur tersebut adalah:

1. Unsur aktual

Mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang  terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

2. Unsur Faktual

Dalam unsur faktual, kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.

3. Unsur Penting

Ada dua hal dalam berita dinilai penting. Pertama tokoh yang terlibat dalam pemberitaan adalah tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Kedua, materi berita menyangkut kepentingan orang banyak dan mempengaruhi kondisi masyarakat.

4. Unsur Menarik

Menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.

Perenovasian Atap Masjid Al – Hikmah Perum Bekasi Jaya Indah

Bekasi, 11 September 2014.

Warga Perum Bekasi Jaya Indah melakukan permohonan bantuan dana kepada warga untuk melakukan renovasi pada atap Masjid Al – Hikmah, kamis (11-09-2014).

Masjid Al – Hikmah merupakan masjid besar yang ada di Perumahan Bekasi Jaya sejak tahun 1997. Masjid itu sudah berumur cukup lama, maka dari itu sudah banyak bagian dari masjid yang perlu di renovasi. Atap masjid adalah salah satu contoh bagian masjid yang perlu direnovasi. Atas tersebut sudah banyak yang rapuh, kotor dan banyak bagian yang tidak terawat. Dewan Kerja Masjid Al – Hikmah dan pengurus RW 11 Perum Bekasi Jaya melakukan inisiatif untuk melakukan permohonan bantuan dana kepada warga RW 11 agar bisa membantu keuangan dalam perenovasian Masjid Al – Hikmah.

Kegiatan ini ditunjukan kepada semua warga RW 11, maka dari itu Ketua RW 11, Pak Harun meminta bantuan kepada semua pengurus RT di lingkungan Perumahan Bekasi Jaya RW 11 untuk menginformasikan hal tersebut kepada semua warganya. Panitia dalam kegiatan ini berharap sekali agar warga RW 11 dapat banyak membantu dalam memberikan dana bantuan. Semoga Masjid Al – Hikmah dapat dibangun dengan baik kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s