Info Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Jika Anda ingin memberikan pengalaman menarik bagi anak-anak, Anda dapat memilih Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai tempat menghabiskan liburan. Kawasan ini terletak di Jl Raya Cibodas, Cipanas.Di sini, Anda dan keluarga dapat berlibur sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan hutan. Dikutip dari laman situs resminya, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki peranan yang penting dalam sejarah konservasi di Indonesia. Kawasan wisata ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980 dengan luas mencapai 22.851,03 hektare. Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan dan hanya berjarak 2 jam (100 km) dari Jakarta.Di tempat ini, wisatawan dapat melihat dan menikmati air terjun, telaga kecil, sungai yang mengalir deras, dan kekayaan keanekaragaman hayati di hutan pegunungan rendah atau kesunyian dari hutan pegunungan yang rapuh. Bagi siapa yang ingin mendaki ke puncak, akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari kawah-kawah semi aktif dengan keperkasaan dinding-dinding kawah, atau menikmati kelembutan dari rerumputan pegunungan.Di sana banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Nasional ini. Semuanya tergantung pada minat, kemampuan fisik, waktu, dan kondisi keuangan yang dimiliki. Kegiatan yang paling diminati adalah rekreasi dan pendakian. Apalagi, mereka melayani program seperti rekreasi dengan pemanduan, pendakian dengan grup dengan pemanduan, pendidikan konservasi dan lingkungan untuk anak sekolah, kelompok pecinta alam, masyarakat umum, kemping, dan lain-lain

Misalnya saja, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki paket wisata pendidikan konservasi (School visit) yang ditujukan untuk anak-anak sekolah. School visit merupakan kunjungan sehari yang sangat cocok bagi para pelajar untuk meningkatkan apresiasinya terhadap alam. Mereka mengemas wisata yang dikombinasikan dengan permainan yang mengasyikkan seperti blind walk, valet warna, cocktail, kamera hidup, peta suara, temu pohon, ice breaking, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Paket wisata pendidikan ini terbagi menjadi tiga berdasarkan waktu wisata yang dilakukan. Paket School Visit 1 (08.00-12.00) dibanderol seharga Rp 100.000 per orang (minimal 20 orang). Paket School Visit 2 (08.00-16.00) dibanderol seharga Rp 125.000 per orang (minimal 20 orang). Paket School Visit 3 (08.00-18.00) dibanderol seharga Rp 150.000 per orang.
Ada juga paket wisata petualangan outbond seharga Rp 200.000 per orang. Di situs resminya menjelaskan dengan membeli paket wisata ini, wisatawan mendapatkan fasilitas ice breaking, building trust, communication, team building, competition games, dan personal challenge.Bagaimana dengan fasilitasnya? Tenang saja. Kawasan ini memiliki penginapan yang nyaman dan melayani katering (makan pagi, siang dan malam, termasuk snack) bagi pengunjung yang tinggal di penginapan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain itu, di sekitar taman wisata ini juga banyak homestay, penginapan, serta villa dengan harga bersaing.

Adopsi pohon, yuk!
Ada hal menarik yang ditawarkan oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Wisatawan dapat mengadopsi pohon yang ditujukan untuk melestarikan lingkungan. Program ini ditawarkan bagi perusahaan maupun perorangan.
Adapun manfaatnya adalah para donator dapat memenuhi tujuan Corporate Social Responsibilities (CSR) dalam pembangunan berkelanjutan, mitigasi perubahan iklim, dan konservasi keanekaragaman hayati. Kesemuanya dapat dicapai dari donasi yang dilakukan.

Program ini mengimplementasikan pendekatan partisipatif dalam rangka keterlibatan masyarakat untuk restorasi ekosistem taman nasional.

Ketentuan adopsi:
– Periode adopsi minimum tiga tahun
– Luasan adopsi dalam hitungan hektare dan minimum per hektare 400 pohon
– Biaya adopsi pohon Rp 108.000 per pohon atau Rp 43,200 juta per hektare selama tiga tahun

Biaya meliputi:
– Bibit tanaman
– Perawatan
– Staf lapangan dan tenaga ahli
– Pengembangan ekonomi masyarakat
– Pendidikan, kampanye, database, komunikasi, dan media kampanye
Sumber : lipsus.kontan.co.id

Komentar : objek wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sangatlah bagus, saya pernah melakukan pendakian ke sana dan selama pendakian saya melihat pemandangan – pemandangan yang bagus serta banyak toko – toko yang menjual oleh – oleh jadi tempat ini sangat bagus untuk kalian jadikan sebagai pemberhentian wisata kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s